Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya

Penulisan daftar pustaka merupakan bagian yang diperlukan dalam pembuatan buku, skripsi, jurnal dan lain sebagainya. Adanya daftar pustaka pada karya ilmiah sobat dapat menjadikan tulisan yang dimuat lebih kredibel dan tidak diragukan kebenarannya.

Pengertian daftar pustaka ialah daftar yang berisi tentang semua buku atau tulisan yang dijadikan acuan atas landasan dalam penelitian. Sedangkan menurut KBBI, daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karaangan atau buku dan disusun berdasarkaan abjad.

Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari Buku, majalah, internet dan karya ilmiah lainnya memiliki syarat penulisan yang berbeda. Penulisan tergantung dari apa yang menjadikan sumber daftar pustaka. Penulisannya pun tidak sembarangan, sebab dalam Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) sudah ada ketentuannya. Berikut ini kami akan menjelaskan manfaat dan cara peulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

cara membuat daftar pustaka

contoh daftar pustaka

Manfaat Penulisan Daftar Pustaka Pada Buku

  1. Sebagai syarat penulisan karya ilmiah
  2. Sebagai ucapan terima kasih penulis buku kepada penyumbang data penelitian
  3. Bahan data yang digunakan pada karya ilmiah dapat ditelusuri kembali
  4. Pengambilan data yang di muat di karya ilmiah biasanya diambil dari koran, majalah, jurnal, wawancara dan lan sebagainya. Hadirnya daftar pustaka membuat orang lain dapat menelusuri kebenaran yang di tulis pada karya ilmiah.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Beserta Contohnya

1. Cara Penulisan Daftar Pustaka dari buku

Buku menjadi daftar teratas sebagai referensi paling sering digunakan untuk mengutip data maupun informasi untuk di tulis dalam suatu karya ilmiah. Cara penulisan daftar pustaka ketika penulisnya satu, dua maupun tiga itu berbeda-beda. Berikut ini kami akan jelaskan megenai cara penulisannya sebagaimana berikut.

a. Cara penulisan daftar pustaka penulis buku satu orang

Nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku (ditulis miring). nomer edisi. nama penerbit dan tempat penerbit.

Contoh sebagaimana berikut:

Abdalla, Ulil Abshar.2005. Menjadi Muslim Liberal. Jakarta: Kerjasama Jaringan Islam Liberal, Freedom Institute dan Nalar.

b. Penulisan daftar pustaka buku dengan Dua Pengarang atau Lebih

Ketentuan

Nama pengarang, tahun penerbitan. judul buku (ditulis miring). nomer edisi. nama penerbit dan tempat penerbit.

Contoh

Rendra, Siti, Budiawan dan Sugeng. 2016. Panduan Pelatihan IM. Bandung: Desamedia.

c. Penulisan daftar pustaka untuk buku terjemah maupun suntingan

Ketentuan

Nama pengarang (penterjemah). tahun penerbitan. judul buku (ditulis miring). nomer edisi. nama penerbit dan tempat penerbit.

Contoh:

Saputra, Ardi (Penterjermah). 2013. Dasar Dasar HTML. Jakarta: Informatika.

2. Penulisan daftar pustaka bersumber dari jurnal, koran, majalah dan buletin

Penulisan daftar pustaka yang bersumber dari Jurnal, Koran, majalah dan buletin tidak beda jauh dengan penulisan buku. Untuk ketentuan penulisannya sebagaimana yang kami tulisakan dibawah ini.

Cara penulisan

Nama pengaran. tahun penerbitan. judul tulisan (ditulis miring). nama jurnal/koran/majalah/buletin.

Contoh:

Musfiroh, Mayadina Rohmi. 2015. Kekerasan Terhadap Anak dalam Perspektif Hukum Islam. Edisi XVI. SHIMA.

3. Penulisan daftar pustaka bersumber dari wawancara

Penelitian yang dilakukan dilapangan ada beberapa yang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi dari masyarakat maupun publik. Cara yang dapat digunakan adalah wawancara, hal ini untuk menggali informasi secara detail. Berikut adalah beberapa cara penulisan daftar pustaka bersumber dari wawancara.

Ketentuan:

Nama pembicara, judul pertemuan/nama acara (ditulis miring), tahun dan tempat wawancara

Contoh:

Shihab, Najwa. 2019. Babak Akhir Pilpres. Trans TV: Talk Show Mata Najwa.

4. Penulisan daftar pustaka bersumber dari Internet

Kemajuan era teknologi menjadikan manusia dipermudah dalam memperoleh berbagai data yang beredar di masyarakat maupun kalangan akademis. Ada banyak situ yang menyediakan data akurat penelitian yang dijadikan ferensi dalam pembuatan karya ilmiah. Saat sobat mengambil data dari situs internet perlu dicantumkan di daftar pustaka karya imiah sobat. Sebab, hal ini untuk dapat digunakan agar yang ditulis di karya ilmiah dapat di kroscek.

Nama pengarang. tahun penerbitan. judul tulisan (ditulis miring). nama media. waktu akses situs.

Contoh:

Barowi. 2016. Membangun Kebahagiaan Umat dengan Ketakwaan. https://www.nujepara.or.id/membangun-kebahagiaan-umat-dengan-ketakwaan/. Diakses 20 Juni 2019 pukul 2.00 WIB.

5. Penulisan daftar pustaka bersumber dari skripsi

Sobat yang masih duduk perkuliahan, yang berada disemester akhir pasti biasany a mengambil beberapa refrensi dari skripsi lain untuk dijadikan sebagai pembanding penulisan karya ilmiah. Sehingga sobat juga perlu mengetahui caraa penulisan daftar pustaka yang bersumber dari skripsi. Berikut ini kami jelaskan.

Ketentuan

Nama penulis. tahun pada sampul. judul skripsi (ditulis miring). Skripsi. pernyataan tidak diterbitkan. nama fakultas, nama perguran tinggi, nama kota perguruan tinggi.

Contoh

Niam, Muwasaun. 2018. Analisa Putusan MK Nomor 30-74/PUU-XII/2014 Tentang Batas Usia Minimal Perkawinan Perempuan Ditinjau Dari Mashlahah Murshalah, Sripsi, Tidak diterbitkan, Fakultas Syarah dan Hukum UNISNU: Jepara.

6. Penulisan Daftar Pustaka Bersumber dari Dokumen Negara

Pemerintah sebagai otoritas tertinggi pada tiap tahunnya mengeluarkan beberapa produk kenegaraan yang dijadikan sebagai pedoman masyarakat. Produk kenegaraan biasanya berupa sebuah buku yang kemudian tidak ada nama penulisnya secara terperinci melainkan tim yang ditugaskan untuk menyusun.

Ketentuan

Penerbit. tahun. Judul buku (ditulis miring). Kota penerbit : nama penerbit.

Contoh

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Gerai Pustaka.

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad

  1. Siapkan dokumen daftar pustaka yang ingin diurutkan sesuai abjad.
  2. Blok semua daftar pustaka kemudian pada kolom paragraph silahkan pilih tombol AZ seperti dibawah ini:mengurutkan daftar pustaka
  3. Lalu muncul jendela sort text, silahkan klik tombol OKdaftar pustaka sesuai abjad
  4. Maka secara otomatis akan urut sesuai dengan abjad.

Demikian cara penulisan daftar pustaka secara baik dan benar telah kami terangkan mulai dari penulisan dari buku hingga media online. Semoga dapat bermanfaat dan menambah keilmuwan yang dimiliki. Bila ada beberapa pertanyaan mengenai materi yang kami terangkan tadi, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Leave a Reply