Home / Komputer / Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7,8 dan 10 dengan Mudah

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7,8 dan 10 dengan Mudah

Membuat Bootable Flashdisk Windows – Sebelum melakukan instal ulang windows yang perlu disiapkan adalah bootable windows entah itu windows 7, windows 8 atau windows 10. Sekarang ini untuk instal windows tidak harus memakai kepingan cd room, karena sudah bisa menggunakan flashdisk sebagi bootable.

Media flashdisk ini tergolong lebih mudah dan cepat, anda juga bisa gonta-ganti bootable windows sesuai dengan kebutuhan. Jika anda hanya memiliki bootable cd/dvd room maka akan kesulitan jika netbook yang akan di instal ualng tidak memiliki dvd room, sehingga cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menggunakan flashdisk.

Rata-rata ukuran windows adalah dikisaran 3-4 GB size flashdisk yang diperlukan adalah ukuran 8 GB, selain dibuat bootable flashdisk masih bisa untuk menyimpan file atau software tanpa terganggu fungsinya.

Cara Membuat Bootable Windows dengan Flashdisk

Tutorial kali ini adalah membuat bootable menggunakan power iso, bisa digunakan untuk semua jenis windows baik windows 7, 8 atau windows 10 cara membuatnya cukup mudah dan cepat. Yuk ikuti tutorialnya sampai selesai.

  1. Siapkan file windows dengan format ISO, flashdisk dengan kapasitas sesuai ukuran windows lebih mudah pakai ukuran 8 GB dan software power iso (silahkan download terlebih dahulu, diinternet sudah banyak yang membagikan).
  2. Silahkan masukkan flashdisk ke komputer atau laptop kemudian buka software Power ISO.
  3. Pilih menu Tools >> lalu pilih Creat Bootable USB Drive….bootable windows 7 8 10
  4. Pilih file windows ISO pada kolom image file, Destination USD Drive (pilih flashdisk yang digunakan), Write methode (pilih USB-FDD) terakhir klik tombol Start.bootable windows dengan flashdisk
  5. Silahkan tunggu proses pembuatan bootable sampai selesai 100%.membuat bootable windows dengan flashdisk
  6. Bootable Flashdisk siap digunakan.

Bagaimana mudah bukan? sekarang proses instal ulang tidak seribet dahulu yang mengharuskan pakai kepingan cd room. Jika teman-teman masih mengalami kesulitan silahkan ditanyakan melalui kolom komentar untuk didiskusikan bersama.

Baca juga: Cara Mudah Mengurangi Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Tips instal windows memakai bootable flashdisk

Proses instal menggunakan flashdisk dan dvd ada perbedaan sedikit, jika anda tidak melakukan tips ini maka proses inatal akan mengulang dari awal terus tidak pernah selesai.

Caranya adalah setelah proses Getting files ready for installation sudah mencapai 100% silahkan cabut flashdisk, ini berfungsi agar setelah restart tidak mengulang instal dari awal lagi.

Demikian cara membuat bootable dengan flashdisk dan cara instal ualng dengan benar. Semoga dapat bermanfaat

Salam Blogger Jepara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *